penyakit kanker usus besar

Apakah Yang Dimaksud Kanker Usus Besar

Usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan, dimana materi yang dibuang (sampah) disimpan. Rektum ialah ujung dari usus besar dekat dubur (anus). Bersama, mereka membentuk suatu pipa panjang yang berotot yang disebut usus besar. Tumor-tumor usus besar dan rektum adalah pertumbuhan-pertumbuhan yang datangnya dari dinding dalam dan usus besar. Tumor-tumor jinak dari usus besar disebut more »


Apa Tanda dan Gejala Kanker Usus Besar

Tanda dan gejala kanker usus besar dapat diamati dari beberapa hal benikut. Rasa lelah yang terus-menerus, sesak napas waktu bekerja, dan kepala terasa pening. Pendarahan pada rektum, rasa kenyang bersifat sementara, atau kram lambung serta adanya tekanan pada rektum. Adanya darah dalam tinja, seperti terjadi pada penderita pendarahan lambung, polip usus, atau wasir. Pucat, sakit more »


Apa Saja Penyebab Kanker Usus Besar

Kanker usus besar disebabkan banyak faktor. Kontak dengan zat-zat kimia tertentu seperti logam berat, toksin, dan gelombang elektromagnetik. Pola makan yang buruk. Antara lain terlalu banyak daging dan lemak yang tidak diimbangi buah dan sayuran segar yang mengandung serat serta kegemukan. Cara diet yang salah (terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, protein serta rendah serat) more »


Bagaimana Menangani dan Mencegah Kanker Usus Besar

Bagi yang sudah positif menderita kanker usus besar, perlu pemeriksaan medis melalui tiga cara. Pertama fiberoptik kolonoskopi, yakni memasukkan sejenis pipa terbuat dari serat optik ke dalam usus melalui anus (dubur). Kedua CT Scan. Ketiga pemeriksaan darah. Untuk tahap perawatan, Anda mesti melakukan kemoterapi, radiasi dan operasi untuk pemotongan usus besar yang sakit serta menyambungkan more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Kanker Usus Besar

dr. Aru Wisaksono Sudoyo dan dr. Fajar Firsyada dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI), mengatakan, deteksi dini adalah langkah penting berikutnya setelah pencegahan dalam mengatasi kanker usus besar Sebab, harapan hidup yang lebih panjang bagi penderita dipengaruhi oleh faktor kecepatan di langkah-langkah ini. Jika seseorang menemukan gejala-gejala kanker usus besar, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kolonskopi. (sumber: more »