penyakit kanker prostat

Apa Yang Dimaksud Kanker Prostat

Kanker Prostat adalah adalah suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Kanker ini sangat sering terjadi, umumnya pada pertengahan usia 40-45 tahun. Artinya, kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun. Kebanyakan kanker prostat tidak menimbulkan gejala, mengingat penyebarannya sangat lambat. Kanker prostat merupakan penyebab kematian pada pria, terutama pria more »


Apa Tanda Dan Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat berkembang secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala sampai kanker telah mencapai stadium lanjut. Kadang gejalanya menyerupai BPH (Benign Prostate Hypertrophy), yaitu berupa kesulitan dalam berkemih dan sering berkemih. Gejala tersebut timbul karena kanker menyebabkan penyumbatan parsial pada aliran air kemih melalui uretra. Kanker prostat bisa menyebabkan air kemih berwarna merah (karena mengandung darah) more »


Apa Penyebab Kanker Prostat

Kendati penyebab kanken prostat tidak diketahui secara pasti, namun pembesaran kelenjar prostat dapat menyebabkan kanker prostat. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron. Berkurangnya produksi hormon testosteron dan berubahnya hormon testosteron menjadi dihidro testosteron (DHT) türiit menyebabkan timbulnya kanker prostat.


Bagaimana Menangani Dan Mencegah Kanker Prostat

Cara terbaik untuk menangani kanker prostat adalah melakukan pemeriksaan colok dubur dan pemeriksaan darah. Colok dubur akan menunjukkan adanya benjolan keras yang bentuknya tidak beraturan. Sedangkan pada pemeriksaan darah dilakukan pengukuran kadar antigen prostat spesifik (PSA), yang biasanya meningkat pada penderita kanker prostat, tetapi juga bisa meningkat (tidak terlalu tinggi) pada penderita BPH. Selain itu, more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Kanker Prostat

Profesor Colin Cooper, seorang ilmuwan dan Institute of Cancer Research Everyman Centre, mengatakan, kanker prostat adalah mimpi buruk bagi kaum lelaki, utamanya yang berusia di atas 50 tahun. Sampai saat ini, mayoritas ahli medis di seluruh dunia menggunakan tes Prostate Specific Antigen (PSA) untuk mengetahui keberadaan kanker prostat. Namun, tes ini kurang akurat hingga terjadi more »