penyakit kanker otak

Apa Yang Dimaksud Kanker Otak

Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga bagian yang paling terkecil, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan, otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus. Misalnya otak menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, dan secara bersamaan pula menyuruh hidung tetap bernapas. Secara more »


Apa Tanda Dan Gejala Kanker Otak

Gejala umum kanker otak dapat berupa perubahan mental yang ringan (psikomotor asthenia), yang dapat dirasakan oleh keluarga dekat penderita. Contohnya penderita mendadak jadi mudah tersinggung, emosi, labil, pelupa, perlambatan aktivitas mental dan sosial, kehilangan inisiatif dan spontanitas. Mungkin juga diketemukan ansietas dan depresi. Gejala ini berjalan progresif dan dapat dijumpai pada 2/3 kasus. Gejala lainnya more »


Apa Saja Penyebab Kanker Otak

Penyebab kanker otak multifaktorial, yakni banyak penyebabnya. Namun secara sederhana, kanker otak disebabkan dua faktor, yaitu dari dalam otak (intrinsik) dan dari luar otak (ekstninsik). Pencetus kanker otak dari dalam ialah genetik atau keturunan dan riwayat trauma atau benturan. Apabila dari garis keturunan keluarga Anda ada yang pernah menderita kanker otak, maka berhati-hatilah untuk tetap more »


Bagaimana Menangani Dan Mencecah Kanker Otak

Untuk mendiagnosa atau memastikan seseorang terkena kanker otak atau tidak, maka perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis (bedah) syaraf. Selain itu, perlu juga pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap, serta biopsy sebagai tahap pengobatannya. Siasanya penanganan kanker otak dilakukan secara medis dengan biaya yang sangat mahal. Adapun untuk mencegah terserang more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Kanker Otak

dr. Iskandar Japardi mengatakan, secara umum 30% gejala awal tumor atau kanker otak adalah nyeri kepala yang disertai muntah, sedangkan gejala lanjut diketemukan 70% kasus. Adapun gejala-gejala spesifik, dapat dilihat berdasarkan lokasi dan fungsi otak yang diserang. (sumber: www.rumahkanker.com)