penyakit kelenjar getah bening

Apa Yang Dimaksud Kanker Getah Bening

Pernahkah Anda mendengar nama penyakit kanker kelenjar getah bening? Jika belum, Anda perlu membaca tulisan ini. Kanker kelenjar getah bening atau limfoma (flash) adalah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal. Hal ini berakibat sel abnormal menjadi ganas. Limfoma adalah kanker ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar more »


Apa Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Terdapat dua macam kanker sistem limfatik yaitu penyakit Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin (NHL). Ini merupakan sekelompok penyakit ganas yang saling berkaitan. Secara umum dapat dikenali beberapa bentuk NHL, yaitu amat agresif (tumbuh cepat), menengah dan indolen (tumbuh lambat). Penentuan ini dilakukan dengan mikroskop oleh dokter patologi di laboratorium. Secara fisik, tanda atau gejala pada more »


Apa Saja Penyebab Kanker Getah Bening

Penyebab kanker kelenjar getah bening kemungkinan besar karena faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteria (HIV, HCV, Epstein-Barr virus – EBV–, Helicobacter Sp), dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet dan pewarna kimia). Penyakit limfoma memang mudah menyerang bila lingkungan dan polusi buruk. Orang dengan HIV/AIDS positif lebih mungkin dan lebih gampang mengidap limfoma non more »


Bagaimana Menangani Dan Mencegah Kanker Getah Bening

Untuk mendeteksi seseorang positif terkena limfoma atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan medis oleh dokter ahli. Misalnya melalui sinar-X, CT scan, PET scan, biopsi sumsum tulang, dan pemeriksaan darah. Biopsi atau penentuan stadium adalah cara mendapatkan contoh jaringan untuk membantu dokter mendiagnosis Limfoma non Hodgkin. Adapun untuk mengobati kanker kelenjar getah bening dapat dilakukan melalui berbagai more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Kanker Getah Bening

Prof Ary Hariyanto Reksodyatmo, Ketua Bakomas HOMPEDIN (Hematologi Orenologi Penyakit Dalam Indonesia), mengatakan, limfoma sebenarnya jenis penyakit kanker paling ganas. Penderita bisa meninggal dunia dalam waktu 6 bulan, bila tak dilakukan kemoterapi secara kontinu. Tapi sayang, perhatian pemerintah Indonesia terhadap penyakit ini belum begitu serius. Padahal perkembangan limfoma di Indonesia cukup cepat. Terbukti, jumlah penderita more »

Incoming search terms: