penyakit kanker ginjal

Apa Yang Dimaksud Kanker Ginjal

Seperti terlihat dari namanya kanker ginjal merupakan kanker yang hidup di ginjal. Berdasarkan lokasinya kanker ginjal terbagi menjadi dua bagian yaitu, renal cell carcinoma (RCC) yang terletak di bagian tubule dan urothelial cell carcinoma (UCC) yang terletak di pelvis ginjal. Perbedaan antara kedua jenis kanker ginjal ini (RCC dan UCC) adalah penting karena prognosis, penampilan, more »


Gejala Kanker Ginjal

Kanker ginjal biasanya tidak menunjukkan gejala hingga penyakit itu menyebar ke organ lain. Kanker jenis ini juga sering kali ditemukan sudah berada pada tahap sulit untuk disembuhkan. Pada stadium dini, kanker ginjal jarang menimbulkan gejala. Pada stadium lanjut, gejala yang paling banyak ditemukan adalah hematuria (adanya darah di dalam air kemih). Hematuria bisa diketahui dan more »


Diagnosa Kanker Ginjal

Pada pemeriksaan fisik, kadang bisa diraba/dirasakan benjolan di perut. Jika dicurigai kanker ginjal, maka dilakukan beberapa pemeriksaan berikut: • Urografi intravena • USG • CT scan • MRI bisa memberikan keterangan tambahan mengenai penyebaran tumor. Jika tumornya berupa kista, bisa diambil contoh cairan untuk dilakukan analisa. Aortografi dan angiografi arteri renalis bisa dilakukan sebagai persiapan more »


Penyebab Kanker Ginjal

Penyebab Kanker Ginjal Dalam keadaan normal, sel-sel di dalam saluran kemih tumbuh dan membelah secara wajar. Tetapi kadang sel-sel mulai membelah diluar kendali dan menghasilkan sel-sel baru meskipun tubuh tidak memerlukannya. Hal ini akan menyebabkan terbentuknya suatu massa yang terdiri jaringan berlebihan, yang dikenal sebagai tumor. Tidak semua tumor merupakan kanker (keganasan). Tumor yang ganas more »


Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Ginjal

Pengobatan standar untuk kanker yang masih terbatas di ginjal adalah pembedahan untuk mengangkat seluruh ginjal (nefrektomi simplek atau nefroktomi radikal). Pada nefrektomi radikal, dilakukan pengangkatan ginjal dan kelanjar adrenal di atasnya, jaringan di sekitar ginjal serta beberapa kelenjar getah bening. Pada nefrektomi simplek, dilakukan pengangkatan ginjal saja. Pada prosedur embolisasi arteri, disuntikkan suatu zat khusus more »


Pendapat Dokter Tentang Kanker Ginjal

Setiap tahun sedikitnya terdapat 190.000 diagnosis kasus kanker ginjal di seluruh dunia. Penyebabnya mulai dari merokok, hipertensi, obesitas, hingga cemaran bahan kimia. Dr Bahram Rashidkhani dari Karolinska Institute di Stockholm (Sumber; http://female.kompas.com/read/ 2008/09117/09135168/pisang.dan.wortel.cegah.kanker.ginjal)

Incoming search terms: