penyakit diabetes melitus

Apa Yang Dimaksud Diabetes Mellitus

Diabetes Meltitus terdiri dari dua suku kata, yaitu Diabetes dan Mellitus. Diabetes berasal dari kata Yunani, yakni Diabainein, yang berarti “embus” atau “pancuran air”. Sedangkan Mellitus berasal dan kata Latin, yaitu Mellitus, yang berarti “rasa manis”. Di Indonesia dan negara berbahasa Melayu, Diabetes Mellitus (DM) lebih dikenal sebagai penyakit kencing manis. Diabetes Mellitus atau kencing more »


Apa Tanda Dan Gejala Diabetes Mellitus

Tanda dan gejala awal diabetes berhubungan dengan efek langsung dari kadar gula darah yang tinggi. Jika kadar gula darah sampai di atas 160-180 mg/dL, maka glukosa akan sampai ke air kemih. Jika kadarnya lebih tinggi lagi, ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar glukosa yang hilang. Karena ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah more »


Apa Saja Penyebab Diabetes Mellitus

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena diabetes. Pertama, faktor keturunan dan Ayah atau Ibu, saudara laki-laki atau perempuan yang menderita diabetes. Kedua, kegemukan (obesitas). DM yang timbul akibat kegemukan ini biasanya terjadi pada usia lanjut alias umur di atas 40 tahun. Ketiga, gestational diabetes atau melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 Kg. Keempat, more »


Bagaimana Menangani Dan Mencegah Diabetes Mellitus

Sebenarnya untuk mengetahui atau mendiagnosa pasien Diabetes Melitus tidaklah sulit. Pasien yang datang ke rumah sakit dengan keluhan sering kencing (polyuri), sering minum (polydipsi), sering makan (polyfagi), badan mengurus serta lemas sudah bisa ditebak bahwa pasien itu menderita kencing manis. Apalagi saat memeriksa gula darah yang acaknya melebih 200 mg/dl, maka keyakinan itu akan semakin more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Diabetes Mellitus

Dr James A Timmons dari Heriot-Watt University, Edinburgh. Skotlandia, mengatakan, cara paling sederhana agar seseorang terhindar dari nisiko diabetes adalah setiap hari melakukan jogging atau bahkan berlari cepat selama 30 menit atau minimal 7,5 menit. (sumber: www.republika.co.id)