penyakit kolesterol

Apa Yang Dimaksud Kolesterol

Kolesterol seakan menjadi momok bagi banyak orang. Kolesterol merupakan zat berwarna putih seperti him yang dapat ditemukan di setiap sel tubuh. Kolesterol yang diproduksi di hati, fungsinya untuk mencernakan lemak, membangun dinding sel, memperkuat membran sel, dan membuat hormon-hormon tertentu. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon dan vitamin D, serta merupakan bagian asam empedu more »


Apa Tanda Dan Gejala Kolesterol

Kadar kolesterol terbagi menjadi 2 (dua) bagian. Pertama, kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein), yang merupakan “kolesterol baik” karena kemampuannya untuk membersihkan pembuluh darah arteri. Kedua, kolesterol LDL (Low-Density Lipoprctein) atau “kolesterol jahat” yang membuat endapan dan menyumbat arteri. HDL merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LOL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg. Maka, more »


Apa Penyebab Kolesterol

Penyebab utama kolesterol adalah jenis makanan atau kualitas makanan yang Anda konsumsi sehari-hari yang kaya kandungan lemak jenuh, lemak hewani dan kolesterol tinggi (tinggi). Antara lain gorengan, minyak kelapa/kelapa sawit, alpukat, durian, daging berlemak, jeroan, kacang tanah, dan sejenisnya. Selain itu, kolesterol juga disebabkan karena kegemukan (obesitas) dan faktor keturunan. Untuk itu, ada baiknya Anda more »


Bagaimana Menangani Dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi yang ingin mengetahul kadar kolesterol dalam tubuhnya, maka dapat melakukan tes perneriksaan kadar kolesterol darah. Pemeriksaan ini akan menghasilkan data perkiraan kadar kolesterol yang beredar dalam sirkulasi darah. Selain untuk mengobati keingintahuan, tes ini rutin dilakukan seorang dokter guna memantau pengobatan kolesterol pasien. Selain di laboratorium, pemeriksaan kolesterol bisa dilakukan di rumah dengan alat more »


Bagaimana Pendapat Dokter Tentang Kolesterol

Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, kadar kolesterol harus dikontrol. Kadar total kolesterol jangan lewat ambang standar yaitu 200 mg/dL, kadar trigliserida (TGA) kurang dari 150 mg/dL, kadar HDI. harus tinggi yaitu lebih dari 50 mg/dL, dan kadar LDL jangan lebih dari l00 mg/dL. Agar total kolesterol, LDL, more »