Berikut ini adalah katagori utama Penyakit Jantung Bawaan dan beberapa wujud yang menonjol diantara katagori itu.

Detour defects di dalam jantung
Detour defect berarti salah jalur karena kerusakan tertentu pada jantung, baik di dalam maupun di luar jantung. Kerusakan-kerusakan dapat menyebabkan darah mengalir di alur yang tidak normal seperti langsung melalui sisi kanan dan sisi kiri jantung. Ini terjadi ketika ada kerusakan dinding (septum) yang biasanya memisahkan sisi kanan dan sisi kiri jantung. Ada sebuah lubang di jantung. Kedua tipe yang paling umum dari kerusakan dinding jantung Atrial septal defect (ASD) dan Ventricular septal defect (VSD)

Detour defects di luar jantung
Patent ductus arteriosus (PDA ) adalah tipe khusus dari persoalan rute darah yang berlokasi di luar jantung. PDA adalah suatu pelangsiran sebelum kelahiran antara pulmonary artery dan aorta yang tetap terbuka setelah kelahiran, membiarkan darah yang seharusnya mengalir melalui aorta ke tubuh berbalik arah ke paru-paru.

Obstructive defects
Sejumlah tipe dari PJB merintangi aliran darah di jantung atau pembuluh besar didekatnya. Mereka melakukannya dengan cara penyempitan yang memblokade sebagian atau keseluruhan aliran darah. Penyempitan (stenosis) dapat terjadi di katup-katup jantung, arteri-arteri atau vena-vena. Ketiga bentuk yang paling umum dari PJB dengan rintangan aliran darah adalah, Pulmonary (valvular) stenosis, Aortic stenosis, Coarctation dari aorta

Hypoplastic heart defects
Bagian dan jantung dapat secara selektif tidak berkembang atau hypoplastic, seperti Hypoplasia jantung kanan dan Hypoplasia jantung kiri.
Selain itu, kerusakan jantung yang berhubungan dengan perkembangannya adalah Single ventricle (Hanya ada satu ventricle) dan Double outlet right ventricle (Aorta dan pulmonary artery keduanya berasal dan ventricle kanan).