penyakit infeksi saluran kemih

Apa Yang Dimaksud Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah istilah umum untuk menyatakan adanya pertumbuhan bakteri di dalam saluran kemih, meliputi infeksi di parenkim ginjal sampai infeksi di kandung kemih. Pertumbuhan bakteri yang mencapai ≥ 100.000 unit koloni per ml urin segar yang diambil pagi hari digunakan sebagai batasan diagnosis ISK. Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan penyebab demam kedua more »


Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Gambaran klinis ISK sangat bervariasi dan sering tidak khas, dari gambaran asimtomatik sampai gejala sepsis yang berat. Pada neonatus sampai usia 2 bulan gejalanya berupa demam, apatis, berat badan tidak naik, muntah, mencret, susah tidur, sakit kuning, problem minum. Pada anak lebih besar gejalanya lebih khas, seperti nyeri waktu berkemih, frekuensi berkemih meningkat, nyeri perut/pinggang, more »


Penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat disebabkan beberapa faktor. Faktor yang terlihat sepele misalnya, cara cebok yang salah pada perempuan, yaitu dan belakang ke depan, Cara seperti ini sama saja dengan menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing. Suka menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih karena kebiasaan ini memungkinkan kuman masuk ke more »


Pengobatan Dan Pencegahan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sebelum ada hasil biakan urin dan uji kepekaan, antibiotik dapat diberikan selama 7-10 hari untuk mencegah infeksi akut. Selain pemberian antibiotik, penderita ISK perlu mendapat asupan cairan yang cukup, perawatan higiene saluran kemih, dan pencegahan konstipasi (susah BAB) dengan makanan lunak maupun yang berserat. Dalam 2 x 24 jam setelah pengobatan gejala ISK umumnya menghilang. more »


Pendapat Dokter Infeksi Saluran Kemih

Kedua gangguan saluran kemih, batu dan infeksi, saling berkaitan. infeksi dapat menimbulkan batu saluran kemih. Sebaliknya, batu juga dapat menyebahkan infeksi saluran kemih. Seringkali, kedua penyakit ini ditemukan bersamaan. dr. Andon Hestiantoro. Sp.OG(K) dari RSUPN Cipto Mangunkusumo (Sumber http://female.kompas.com/read/2009/06/01/120751 24/beser.selagi.hamil)

Incoming search terms: