Agar wanita bisa cepat hamil, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Selain pada faktor kesuburan perempuan, faktor kesuburan pria juga memegang peranan yang sama pentingnya. Dari beberapa penelitian disimpulkan bahwa infertilitas dipengaruhi 40% adalah karena faktor perempuan,  40% karena faktor pria, dan 20% sisanya adalah karena faktor kedua pasangan dan faktor-faktor lainnya.

Nah, artikel kali ini khusus membahas bagaimana cara meningkatkan kesuburan pria. Kita bahas satu-satu, yuk?!

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Diet Sehat dan Menjaga Berat Badan Ideal

Diet yang tepat memegang peranan yang sangat penting pada kesuburan pria. Diet yang sehat dan tepat dapat menjaga berat badan ideal, yang sering menjadi parameter kesehatan seseorang.

Pastikan asupan nutrisi seimbang. Bingung asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan? Konsumsi saja pola makanan seimbang 4 sehat 5 sempurna (nasi, sayuran hijau, buah segar, lauk pauk, serta susu) dengan porsi yang cukup. Namun, makanan yang sebaiknya selalu ada adalah kacang-kacangan, dan telur, karena mengandung protein tinggi dan asam amino yang merupakan penyusun utama sperma.

Hindari Penggunaan Celana Ketat & Hindari Suhu Tinggi di Sekitar Kemaluan

Para pria sebaiknya menghindari penggunaan celana jeans ketat agar suhu testis (kantung sperma) tidak terlalu tinggi. Suhu yang tinggi di sekitar testis dapat membunuh sperma yang tersimpan dan diproduksi di dalamnya.

Hindari pula mandi menggunakan air panas terlalu lama, apalagi bila menggunakan bathub. Penggunaan laptop yang diletakkan di atas paha juga dapat membuat suhu sekitar kemaluan meningkat dengan cepat.

Olahraga yang Cukup dan Teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membunuh sel yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru. Olahraga teratur juga dapat menjaga vitalitas dan produksi hormon testosteron yang berpengaruh besar pada “kejantanan” pria, dan produksi sperma.

Olahraga juga harus pada kadar yang cukup. Olahraga yang berlebihan hanya akan membuat Anda kelelahan, dan membuat Anda kehilangan gairah.

Waktu Berhubungan yang Tepat

Masa subur wanita tidak hanya harus diketahui oleh perempuan saja. Pria juga harus mengetahuinya, agar timbul pengertian mengenai hal ini. Berhubungan pada masa subur akan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Frekuensi Berhubungan yang Teratur

Anda harus bisa juga menjaga frekuensi berhubungan intim dengan pasangan. Frekuensinya harus teratur, usahakan setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sepekan, dan ditingkatkan frekuensinya pada masa subur (dilakukan setiap hari).

Mulailah melakukan hubungan intim 2 hari sebelum masa subur, karena sperma dapat bertahan hidup hingga 3 hari, sedangkan sel telur hanya bertahan selama 1 hari. Dengan berhubungan intim 2 hari sebelum masa subur, peluang sel sperma untuk bertemu ovum akan semakin besar.

Demikian tips cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa dituliskan. Semoga memperbesar peluang Anda dan pasangan untuk bisa memperoleh keturunan.

Selamat mencoba.

Dapatkan Informasi Lengkap Bagaimana Cara Cepat Hamil Disini



Dapatkan Informasi Lengkap Bagaimana Cara Cepat Hamil Disini