Metode tunggal untuk memastikan penyakit kanker sel basal (KSB) yaitu dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan histopatologis, dengan mengambil sample bagian kulit yang dianggap sebagai jaringan kanker (biopsy) untuk diteliti dibawah mikroskop. Apabila hasil diagnosa secara jelas menunjukkan bahwa penderita mengalami KSB, maka tindakan yang dilakukan umumnya pembedahan atau pengangkatan jaringan kulit (kanker) atau penyinaran.

penyakit kanker kulit

Metode lain untuk menangani kanker kulit adalah bedah beku, bedah listrik, laser, fotodinamik serta dengan obat-obatan baik yang dioleskan maupun disuntikkan (kemoterapi). Apabila telah diketahui terjadi penyebaran kanker kulit, maka dibutuhkan operasi lanjutan untuk mengangkat jaringan di sekitarnya. Misalnya jika sel kanker ditemukan menyebar ke kelenjar limfa, maka mau tidak mau kelenjarnya juga diangkat.

Adapun langkah untuk mencegah terjadinya kanker kulit ialah berobat dalam keadaan dini jika dirasa ada kelainan-kelainan pada kulit di sekujur tubuh. Selain itu, cara lainnya adalah menghindari bahan-bahan yang mengandung kimia dalam interaksi sehari-hari (seperti kosmetik berkadar kimia tinggi) dan menguatkan sistem imun tubuh, dengan cara mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang.