Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat secara tuntas mengatasi gagal jantung. Karena itu, pengobatan biasanya dilakukan agar penderita merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, dan bisa memperbaiki kualitas hidup serta meningkatkan harapan hidupnya.

penyakit gagal jantung

Pendekatannya dilakukan melalui 3 segi, yaitu mengobati penyakit penyebab gagal jantung, menghilangkan faktor-faktor yang bisa memperburuk gagal jantung dan mengobati gagal jantung itu sendiri. Berikut ini adalah tindakan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi gagal jantung dan pengambilan tindakan ini bergantung pada penyebab dan gagal jantung itu sendiri:
1. Pembedahan

penyakit gagal jantung

Pembedahan bisa dilakukan untuk;
• memperbaiki penyempitan atau kebocoran pada katup jantung
• memperbaiki hubungan abnormal diantara ruang-ruang jantung
• memperbaiki penyumbatan arteri koroner yang kesemuanya bisa menyebabkan gagal jantung.
2. Pemberian antibiotik untuk mengatasi inteksi.
3. Kombinasi obat-obatan, pembedahan dan terapi penyinaran terhadap kelenjar tiroid yang terlalu aktit
4. Pemberian obat anti-hipertensi.
Meski demikian gagal jantung sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebab jika sudah didiagnosa gagal jantung, maka belum ada terapi penyembuhan dan pengobatannya. Pola hidup sehat yang dimaksud di antaranya adalah tidak mengonsumsi minuman beralkohol serta menghindari rokok. Dua hal tersebut dapat merusak jantung, karena menyerang dan mempengaruhi kinerja jantung