Kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma Mammae) tercatat sebagai penyakit kanker yang menyebabkan kematian kelima setelah kanker paru-paru, kanker rahim, kanker hati, dan kanker usus. Kanker payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara. Kanker ini bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.

penyakit kanker payudara

Perlu diketahui, kaum wanita lebih rentan menderita kanker payudara ketimbang kaum pria, dengan perbandingan 1 di antara 1000. Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia di atas 60 tahun. Selain itu, penyakit ini meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stres atau goncangan jiwa.

Umumnya, seseorang baru diketahui menderita Kanker payudara setelah menginjak stadiun lanjut yang cukup parah. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan atau rasa malu penderita, sehingga terlambat untuk diperiksakan ke dokter atas berbagai kelainan yang dihadapmnya.