Kanker darah (Leukemia) adalah jenis penyakit kanker mematikan yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga tipe sel darah, yakni sel darah putih (berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi), sel darah merah (berfungsi membawa oxygen ke dalam tubuh) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah).

penyakit kanker darah

Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak pada masa kecilnya, dimana sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih (leukosit) yang berkembang tidak normal. Normalnya, sel darah putih mereproduksi bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda secara teratur kapankah sel darah diharapkan bereproduksi kembali.

Pada kasus kanker darah, sel darah putih tidak merespon kepada tanda yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya. Patut diketahui, kanker darah tidak menular dan bukan merupakan penyakit keturunan.

Incoming search terms: