Kanker berasal dari bahasa Yunani, Karkinos (kepiting), yang artinya pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat ganas. Kanker bisa pula diartikan sebagai suatu kelompok sel dengan mendadak menjadi liar dan memperbanyak diri secara pesat dan terus-menerus. Selain itu, kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang menginfiltrasi dan menekan jaringan tubuh, sehingga akan mempengaruhi fungsi organ tubuh.

penyakit kanker

Kanker mempengaruhi unit dasar tubuh, yakni sel. Kanker terjadi ketika sel-sel menjadi abnormal dan membelah tanpa kontrol atau aturan. Seperti semua organ-organ lain tubuh, usus besar (colon) dan rektum (rectum) terdiri dan banyak tipe-tipe dan sel-sel. Secara normal, sel-sel membelah untuk menghasilkan lebih banyak sel-sel hanya ketika tubuh membutuhkan mereka. Proses yang teratur ini membantu mempertahankan kita sehat.

Jika sel-sel tetap terus membelah ketika sel-sel baru tidak diperlukan suatu massa dan jaringan terbentuk. Massa dan jaringan ekstra ini disebut suatu pertumbuhan atau tumor, dapat jinak (tidak berbahaya) atau ganas (berbahaya). Tumor-tumor yang jinak bukan kanker. Mereka biasanya dapat diangkat dan pada banyak kasus, mereka tidak timbul kembali. Paling penting, sal-sel dan tumor-tumor jinak tidak menyebar ke bagian-bagian lain tubuh. Tumor-tumor jinak jarang berupa suatu ancaman nyawa.

penyakit kanker

Sedangkan tumor-tumor ganas adalah kanker Sel-sel kanker dapat menyerang dan merusak jaringan-jaringan dan organ-organ sekitarnya. Sal-sel kanker juga dapat pecah dan keluar dari suatu tumor ganas dan masuk ke dalam aliran darah atau sistem getah bening. Ini adalah bagaimana kanker menyebar dari tumor primer untuk membentuk tumor-tumor baru pada bagian-bagian lain tubuh. Penyebaran dan tumor disebut metastasis.

Ketika kanker menyebar ke bagian lain tubuh, tumor yang baru mempunyai macam yang sama dari sel-sel abnormal dan nama yang sama seperti kanker primer Contohnya, jika kanker usus besar menyebar ke hati, sel-sel kanker di dalam hati adalah sel-sel kanker usus besar. Penyakitnya ialah kanker usus besar yang menyebar (metastatic colon cancer), bukan kanker hati.

penyakit kanker

Kanker bukanlah penyakit sembarangan. Penyakit ini tergolong berat, menakutkan, bahkan mematikan. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang diketahui. Buku Seri Penyakit den an Pengobatan Tianshi edisi revisi ini akan mengupas delapan jenis penyakit Kanker yang kerap menyerang manusia. Perlu dflngatkan, kehadiran buku ini bukan untuk menggantikan peran dokter maupun para medis, melainkan sekadar sebagai alat bantu kesehatan.