Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga bagian yang paling terkecil, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan, otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus. Misalnya otak menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, dan secara bersamaan pula menyuruh hidung tetap bernapas.

penyakit kanker otak

Secara garis besar, otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem), yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda. Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi. Ruang antar bagian terisi oleh cairan otak (corebrospinal fluid), sedang bagian luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak (meninges) plus tulang tengkorak.

Seperti pada bagian-bagian tubuh lain, otak bisa terkena tumor maupun kanker Jika otak sudah terkena penyakit kanker, maka itu bisa sangat mengganggu dan membahayakan nyawa seseorang. Kanker otak adalah penyakit kanker yang khusus menyerang otak, sehingga otak tidak bekerja sebagaimana mestinya akibat adanya gangguan terlentu.