Pernahkah Anda mendengar nama penyakit kanker kelenjar getah bening? Jika belum, Anda perlu membaca tulisan ini. Kanker kelenjar getah bening atau limfoma (flash) adalah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal. Hal ini berakibat sel abnormal menjadi ganas.

penyakit kelenjar getah bening

Limfoma adalah kanker ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening di sekujur tubuh. Misalnya di leher, ketiak, lipat paha, dan mesenterium (jaringan lemak perut). Seringkali lebih dari satu organ tubuh manusia terserang oleh penyakit kanker kelenjar getah bening. Perlu diketahui, limfoma dapat menyerang disegala usia, namun lebih sering menyerang usia tua sekitar 65 tahun.

Sekitar 1,5 juta orang di dunia menderita limfoma dan 300 ribu orang di antaranya meninggal dunia akibat keganasan penyakit ini. Di Indonesia, orang yang pernah menderita limfoma adalah (almarhum) Gito Rollies, mantan rocker. Sementara di luar negeri, Jacqueline Kennedy Onassis, Raja Hussein Jordania, dan PM Singapura BC Lee juga pernah terserang.

Incoming search terms: