Gejala-gejala dan tanda-tanda dari Penyakit Jantung Bawaan dihubungkan dengan tipe dan keparahan dari kerusakan jantung. Beberapa anak tidak mempunyai gejala atau tanda-tanda sementara dimana yang lainnya mengalami sesak napas, cyanosis (warna kulit yang biru disebabkan berkurangnya oksigen di dalam darah), nyeri dada, syncope, kurang gizi atau kurang pertumbuhannya.

penyakit jantung bawaan

Kerusakan atrial septal (sebuah lubang di dinding antara atrial kanan dan kiri), misalnya, dapat menyebabkan sedikit atau sama sekali tidak ada gejala. Kerusakan dapat berlangsung tanpa terdeteksi untuk puluhan tahun.

Aortic Stenosis (penyempitan pada katup aortic) juga umumnya tidak menampakkan gejala, terutama ketika yang terjadi hanyalah penyempitan ringan. Pada kasus berat aortic stenosis, gejala-gejala dapat timbul selama masa bayi dan anak. Gejala-gejala tersebut termasuk pingsan, pusing, nyeri dada, sesak napas dan letih luar biasa.

Ventricular septal defect (VSD) adalah contoh lain di mana gejala-gejala berhubungan dengan kerusakan yang berat. VSD adalah suatu lubang di dinding antara kedua bilik bagian bawah (ventricle). Ketika kerusakannya kecil, anak-anak tidak mengalami gejala apa pun, dan satu-satunya tanda VSD adalah suara desiran jantung yang keras.

Jika lubangnya besar, bayi dapat mengalami gagal jantung, kurang gizi dan pertumbuhan yang lambat.