Kanker leher rahim ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel itu menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal sebelum berubah menjadi sel kanker.

penyakit kanker rahim

Sel-sel yang abnormal dapat dideteksi kehadirannya dengan “pap smear test”. Semakin dini sel-sel abnormal terdeteksi, maka semakin rendahlah risiko seseorang menderita kanker leher rahim. Pap smear adalah suatu test yang aman, murah dan telah dipakai bertahun-tahun untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Pemeriksaan pap smear secara teratur sangat diperlukan wanita. Secara umum, tanda dan gejala kanker rahim ialah terjadinya pendarahan vagina setelah aktivitas seksual atau di antara masa haid.

Tanda lain yang mungkin timbul antara lain hilangnya nafsu makan dan berat badan, nyeri tulang panggul dan tulang belakang, nyeri pada anggota gerak, pembengkakan pada area kaki, serta keluarnya feaces menyertai urin melalui vagina.

Incoming search terms: