Bagi Anda yang tiba-tiba merasakan ada benjolan kecil yang berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan rasa sakit serta biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Kemungkmnan besar tanda dan gejala kanker payudana sudah mulai muncul pada diri Anda.

penyakit kanker payudara

Pada Kanker payudara stadium awal, jika didorong dengan jari tangan, benjolan itu bisa digerakkan secara mudah di bawah kulit. Sementara pada kanker payudara stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Bisa juga terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit di atas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.

Gejala lainnya ditemukan benjolan atau massa di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara dan keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah) ketika Anda tidak lagi menyusui bayi. Selain itu, perubahan warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola, payudara tampak kemerahan, kulit di sekitar puting susu bersisik, puting susu tertarik (mengkerut) ke dalam atau terasa gatal, nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara.

Incoming search terms: