Jenis penyakit kanker kulit yang paling banyak diderita masyarakat adalah karsinoma sel basal (KSB). Kanker jenis ini tidak mengalami penyebaran (metastasis) kebagian tubuh lainnya, tetapi sel kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sekitarnya. KSB menyerang bagian wajah, leher dan kulit kepala.

penyakit kanker kulit

Tanda dan gejala penderita kanker kulit dapat dilihat secara kasat mata. Di antaranya ada bintik dan benjolan-benjolan yang agak berkilat dikulit, kulit tiba-tiba berwarna kemerahan dengan pinggir meninggi yang berwarna agak kehitaman, kulit gampang berdarah yang diikuti rasa gatal dan nyeri. Selain itu, sering lecet, kulit kasar atau luka gatal yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan awal munculnya kanker kulit.

Gejala kanker kulit juga dapat berkembang dari tahi lalat yang sudah ada atau yang baru muncul. Bagi yang memiliki tahi lalat yang kemudian mengalami perubahan warna (bisa kecoklatan, hitam, putih, merah, dan biru), ukuran maupun bentuk (jadi tidak beraturan), tahi lalat terkadang terasa gatal dan bila digaruk mengeluarkan darah, maka perlu waspada. Bisa jadi itu tanda dan gejala awal kanker kulit.

Incoming search terms: