Penyebab kanker otak multifaktorial, yakni banyak penyebabnya. Namun secara sederhana, kanker otak disebabkan dua faktor, yaitu dari dalam otak (intrinsik) dan dari luar otak (ekstninsik). Pencetus kanker otak dari dalam ialah genetik atau keturunan dan riwayat trauma atau benturan. Apabila dari garis keturunan keluarga Anda ada yang pernah menderita kanker otak, maka berhati-hatilah untuk tetap menjaga kesehatan, terutama otaknya.

penyakit kanker otak

Sementara jika Anda pada masa lalu atau suatu ketika pernah mengalami benturan di bagian kepala, walaupun cidera di kepala tergolongan ringan, Anda tetap harus waspada. Sebab, perubahan jaringan yang terbentur, selang beberapa waktu bisa menjadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal di otak

Sedangkan faktor pencetus kanker otak dari luar sebagai berikut.

Pertama pola hidup (life style) yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol dan obat-obatan, makanan kurang serat serta jarang berolahraga.

Kedua bahan karsinogenik, seperti minyak goreng yang dipakai secara berulang-ulang, bahan kimia yang terhirup atau tercampur pada makanan.

Ketiga, radiasi bahan-bahan kimia yang memicu tumbuhnya sel kanker.