Terdapat dua macam kanker sistem limfatik yaitu penyakit Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin (NHL). Ini merupakan sekelompok penyakit ganas yang saling berkaitan. Secara umum dapat dikenali beberapa bentuk NHL, yaitu amat agresif (tumbuh cepat), menengah dan indolen (tumbuh lambat). Penentuan ini dilakukan dengan mikroskop oleh dokter patologi di laboratorium.

penyakit kelenjar getah bening

Secara fisik, tanda atau gejala pada penderita limfoma dapat timbul benjolan yang kenyal, tidak terasa nyeri, mudah digerakkan, dan tidak ada tanda-tanda radang. Hal tersebut dapat segera dicurigai sebagai limfonia non-hodgkin. Namun, tidak semua benjolan yang terjadi di sistem limfatik merupakan limfoma. Bisa saja benjolan tersebut hasil perlawanan kelenjar limfa dengan sejenis virus atau mungkin tuberkulosis limfa.

Adapun secara spesifik, gejala limfoma adalah terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening (pada leher, ketiak, atau pangkal paha). Pembesaran kelenjarta di dapat dimuai dengan gejala penurunan atau kehilangan berat badan lebih dari 10% dalam 6 bulan berat badan, demam berkepanjangan dengan suhu lebih dari 38 °C, selera makan hilang, dan sering berkeringat pada malam hari.